Jumat, 17 Februari 2012

informatika

Mouse Tanpa Kabel: Logitech MX Revolution

E-mail
Logitech MX Revolution Wireles Mouse
Logitech MX Revolution
Mouse MX Revolution ini merupakan salah satu kebanggan Logitech sebagai salah satu produsen komponen input yang cukup terkenal semenjak lama. Dimana mouse ini dinyatakan sebagai gabungan kelebihan dari seluruh seri MX milik Logitech terdahulu.
Mouse ini sudah tidak lagi menggunakan optical dengan LED menyala, sebagai gantinya menggunakan laser yang secara teori dapat meningkatkan kecepatan dan juga reflek.
Walau tidak dirancang untuk menjadi sebuah mouse gaming seperti layaknya Razer, mouse ini lebih ditujukan ke segmen multimedia dan juga untuk bekerja harian, dengan sekujur navigasi di seluruh tubuhnya.

The package and Body

Keunggulan mouse ini adalah memiliki charge terminal, tidak seperti beberapa mouse logitech yang lain. Ini sangat membantu untuk mengisi ulang batere tanpa harus mengganti baterenya dan harus memiliki alat pengisi batere terpisah.
Kotak yang cukup mewah untuk sebuah mouse, tak heran untuk mouse yang memiliki banyak teknologi didalamnya emmang harus dibuat cukup baik penampilannya.
Begitu dibuka, di dalamnya terdapat beberapa pernak pernik seperti charge terminal dan juga buku panduan yang dibungkus rapi. Dalam sebuah kotak yang terbungkus rapi tersebut di dalamnya ada beberapa isi seperti manual, dan juga driver Windows dan Mac.
Sebagai recievernya, type ini tidak menggunakan bluetooth, emlainkan masih menggunakan type cordless seperti halnya gelombang radio. Reciever tidak menjadi satu dengan charge terminalnya, melainkan berbentuk seperti USB Flashdisk.
Sangat tepat mengingat pengguna  bukan saja pengguna desktop tetapi juga pengguna bisa meliputi pengguna bergerak untuk laptop, etc. Sehingga tidak mungkin disatukan dengan charge station seperti halnya pada MX Duo.
Charge station sederhana bentuknya hanya berupa sebuah stand dengan kabel yang keluar(tak dapat dilepas) ke AC Adaptor.
Sekarang mari kita lihat bentuk dari body mouse yang satu ini. Body yang cukup gemuk karena di dalamnya sendiri penuh dengan pernak pernik yang sangat canggih belum lagi bobotnya yang di atas rata-rata. cukup berat memang mouse satu ini.
Di sisi samping ada 3 navigasi yang bisa digunakan. Bentuk samping ini disesuaikan dengan kepal tangan kanan seperti biasa kita memegang mouse, ini dibuat agar mouse dapat dengan nyaman disentuh.
MX Revolution Charger Craddle
MX Revolution Charger Craddle
Di bagian depan yang terlihat hanyalah ada 2 navigasi.
Seperti yang kalian bisa lihat, mouse ini memiliki build in batere yang bisa di isi ulang. Ini bisa menguntungkan juga bisa merugikan user. untungnya user tidak usah bingung mencari batere atau kehilangan batere. Negatifnya apabila baterenya drop, kita mungkin harus bawa ke distributor untuk minta diganti baterenya.

Pengunaan

Untuk pengguna Windows semua bisa dilakukan plug and play tanpa masalah. hanya saja kalau kita melakukan hal ini tanpa menginstall drivernya, banyak tombol navigasi menjadi tidak berguna. Selain itu middle button mouse menjadi tidak berfungsi secara default.
Penggunaan mouse ini mungkin membutuhkan pembiasaan. Secara mouse ini memiliki bobot yang lebih berat ketimbang mouse standart. Dan dengan diberinya teknologi menggunakan mata laser, mouse ini dapat memiliki kecepatan yang cukup kencang untuk orang biasa.
Selain mouse ini menggunakan laser, ada sebuah teknologi yang dipatenkan oleh logitech untuk seri ini yaitu Logitech SmartshiftTM Technology.
Teknologi ini menambah feature dari scroll whell di bagian depan mouse menjadi memiliki banyak fungsi. Whell mouse itu dapat digerakan ke kiri kanan untuk menggeser slide horisontal selain fungsi utamanya sebagai scroller secara vertikal. Selain itu juga teknologi ini memiliki hal menarik lainnya yaitu apabila kita memutarnya dengan cukup kencang dia akan terus berputar lepas sehingga kita tidak usah memutar scrollnya sedikit demi sedikit seperti pada mouse kebanyakan(2). Ini terjadi secara otomatis dan dapat disetting di dalam aplikasi bawaannya.
Selain itu indikator batere juga disediakan  di bagian samping kiri tepat di permukaan yang tak tertutup oleh tangan. Indikator ini hanya akan menyala setelah kita menggerakannya dari kondisi diam. Good works dan Good engenering untuk mouse ini.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan sesuatu seseorang harus membayar dengan harga yang sama. Itulah sebuah kalimat yang sama dengan benda ini.Seperti halnya membuat mouse yang sangat multifungsi dan menyulap whell yang biasanya hanya untuk sekedar scroll menjadi scroll yang penuh fungsi.
Hanya saja masih banyak hal yang harus diperhatikan Logitech dalam pembuatan dan pengembangan enginering untuk masa mendatang bahwa penggunaan Smartshift technology membuat mouse agak sulit di klik untuk middle buttonnya. Selain itu mungkin bobot dari mouse juga perlu diperhatikan karena dengan fungsionalitas seabrek sangat tidak berguna bila bobotnya cukup berat.
Selain itu penggunaan build-in battery juga menimbulkan masalah yang mungkin tidak terjadi untuk sekarang. Akibat dari penggunaan build in battery akan mengakibatkan user kesulitan mengganti batere apabila drop di masa-masa penggunaan yang lama nantinya.
+ Bentuk sangat baik menyesuaikan bentuk tangan
+ Sensitifitas tinggi berkat menggunakan laser
+ Whell menjadi multifungsi karena teknologi SmartSiftTM
+ Wheel dapat berputar bebas untuk mempermudah scrolling yang panjang
+ Dibundel dengan charging station
+ Battery indicator
+ Banyak shorcut key
+ Shorcut key bisa di kustomisasi di program bawaan secara bebas
- Berat
- Center button agak keras di klik
- Butuh pembiasaan bagi yang tak biasa

Score : 9/10

Logitech MX Revolution in Box
Logitech MX Revolution in Box
Specification:

System Requirements
  • PC
    • Windows® XP
    • Windows Vista™ (requires Internet connection)
    • Available USB port
    • CD-ROM drive
  • Mac
    • Mac® OSX 10.3.9+
    • Available USB port
    • CD-ROM drive
    • Internet connection
Logitech Control Center 2.3.1 or later is required to enable advanced mouse features such as scroll wheel fine-tuning and One-Touch Search. LCC is compatible with both PowerPC- and Intel-based Macs running OS X.
Prices: US$ 99.99 (20 September 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih